Wisata Hits, Candi Muncar Girimarto Wonogiri

Spread the love

Lokasi: Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto

Klik disini lokasi

Sejarah Terbentuknya Wisata Candi Muncar

          Melihat dari postingan intagram untuk berwisata, menjadi tren saat ini bagi kalangan remaja maupun yang suka  berwisata karena rutinitas kerja yang membuat kepala pusing. Wonogiri selalu terkenal dengan Wisata waduk gajahmungkur, padahal dibalik itu ada banyak spot lokasi wisata yang siap untuk memanjakan mata dan merilis stress. Dimanakah itu? yuk mari kita simak

          Berada di Desa Bubakan , Kecamatan Girimarto ada tempat wisata yang telah lama ditinggalkan kemudian dikelola ulang, namanya wisata candi muncar, kalau kita search di google kita akan menemukan artikel mengenai waduk candi muncar yang terkena masalah sedimentasi.Yup anda benar, menurut warga sekitar dulunya tempat ini adalah sebuah waduk/ bendungan yang dibuat oleh pemerintah untuk membantu irigasi penduduk sekitar, namun dengan berjalannya waktu waduk ini terkena masalah sedimentasi yang serius, penebalan endapan lumpur.Padahal bendungan ini dulunya mmapu mengalirkan air irigasi sampai ke Dusun Ngrongga dan Setalang, sangat bermanfaat bukan.Pemerintah  dan warga setempat kemudian merasa tempat ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata wonogiri, mereka akhirnya bergotong royong untuk membersihkan sampah,beberapa ranting pohon yang tumbang yang mana hal ini sangat menyumbat aliran waduk.Tidak hanya itu saja pemerintah dan warga sepakat untuk mengeruk sedimentasi lumpur yang ada di waduk ini.

Spot Menarik di Waduk Candi Muncar

            Explore wisata candi muncar ini sangat memanjakan mata saya, mengapa? karena pemandangan alam yang cantik dengan sebuah waduk air yang mempunyai warna menarik untuk menjadi background foto kamu. Pepohonan yang tersebar di tepian waduk ini juga menambah cantik lokasi wisata yang baru dikelola ini. Bukit bukit hijau yang tersebar di dekat waduk juga membuat saya penasaran suatu hari naik ke bukit tersebut, pasti sangat indah melihat  waduk ini dari ketinggian. Luasan waduk ini sekitar 1,1 Ha jadi sangat luas untuk mengembangkan wisata ini untuk permainan air, spot foto,lokasi prewedding dll.

          Menurut pengelola wisata ini, setelah wisata ini dikelola, antusias dari berbagai wisatawan yang tersebar naik drastis, kalau weekend atau hari libur bisa banyak pengunjung yang memadati wisata ini. Kebanyakan pengunjung masih relatif muda dan beberapa keluarga yang mengisi waktu libur dengan piknik kesini. Pengelola juga berinisiatif menebar benih ikan di waduk ini, membuat sebuah bangunan seperti gazebo untuk pengunjung menikmati waduk ini bersama teman atau keluarga, atau calon mantu idaman.hehehe..

Main Getek

Bermain getek menjadi pilihan saya kali ini, saya serasa hidup di jaman jaman kerajaan,ceilah kayak acara tv sembara dan mak lampir untuk main ke dusun sebelah, atau kisah jaka tingkir menyebrang kali. Bagi kalian yang membawa drone pasti bagus banget hasil foto disini, tapi jangan lupa isi baterai, karena kalau baterai habis bisa nyungsep di waduk ini, kan berabe harus renang dulu.

Berenang

Kesegaran air membuat kamu ingin ciblon, ahaha, kamu bisa nyemplung langsung kalau memang jago renang, tapi yang gak jago bisa pinjam ban atau pelampung, karena gak lucu kan kalau sok jago terus nyemplung, pulang tinggal nama nanti. Jadi tetap safety ya guys!

Berfoto untuk Medsos

Bagi kalian yang suka selfie, jangan khawatir semua spot bisa menjadi lokasi foto kamu, siapkan memory hp kamu dengan space banyak,gaya syahrini gaya raisa mau gaya model gimana jangan sungkan, karena siapa tau kalian jadi hits foto di lokasi ini.

Bersepeda

Yang hobi bersepeda bisa membawa mobil dari Kota Wonogiri, ditaruh sepedanya di mobil, jangan dinaiki sampai ke Girimarto, karena kaki bisa bengkak bengkak kalau nekat dikendarai hahaha, Bersepedanya start dari gapura masuk kecamatan Girimarto sampai desa bubakan ini,pemandangan dan suasana desa siap menjadikan lokasi bersepeda yang bagus buat kalian. Menyusuri sungai sungai kecil juga menjadi tantangan adrenalin tersendiri bagi kamu penyuka olahraga ekstrem.

Trekking Air Terjun Muncar

Tidak jauh dari lokasi waduk candi muncar ini terdapat air terjun yang mengalir dari atas disele sela dinding bukit yang tinggi, yups tentu saja kalau mau main ke air terjun, kita membutuhkan waktu untuk berjalan menyusuri semak semak, kebun warga, pepohonan yang lebat, tapi dijamin sampai sana kita akan dimanjakan dengan debit air yang deras bisa merefleksi tubuh kamu kembali fresh

 

Jadi tunggu apalagi , ayo wisata ke Wisata Candi Muncar ini, yang lagi merantau as mudik bisa mampir ke wisata ini, yang lagi di wonogiri gak usah jauh jauh ke kota sebelah untuk wisata, di wonogiri pun, masih banyak spot yang bagus.

 

[the_ad id="327"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *