Jatiluwih Rice Terrace Tabanan ( Vitamin Green Bali)

Spread the love

            Banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara memilih ubud sebagai destinasi untuk melihat pemandangan rice terrace namun jangan salah Tabanan juga mempunyai spot yang menarik untuk kita explore dan pemandangannya PETCAH….    bagus pakai banget.

function lcb_restore_image_title( $html, $id ) { $attachment = get_post($id); if (strpos($html, "title=")) { $returnvar = $html; } else { $mytitle = esc_attr($attachment->post_title); $returnvar = str_replace('
                                          View Rice Terrace Jatiluwih Tabanan

            Lokasi dari Denpasar menuju Jatiluwih  menghabiskan waktu sekitar satu jam tiga puluh menit menggunakan motor dengan kecepatan 70km/jam.Kalau kita coba kalkulasi jarak pakai aplikasi map jarak dari denpasar atau pusat kota sekitar 40 km.  Cara menuju lokasi jatiluwih ini bisa menggunakan motor atau mobil. Kalau penginapan kalian berada di area sekitar Kuta bisa menggunakan sewa motor sekitar 50.ooo – 70.000 rupiah , sewa mobil dengan harga 300.000 rupiah tanpa sopir (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

             Perjalanan menuju jatiluwih sangat ajib menurut saya, meninggalkan hiruk pikuk kepadatan kuta dan seminyak tentunya, alternatif wisata alam ini memanjakan mata kita untuk tetap segar dan tak berhentinya menghela nafas panjang karena udara nya sejuk dan masih asri pepohonan di kanan kiri jalan. Banyak lahan yang dijadikan sawah maupun diolah menjadi kebun bunga, coklat maupun kebun lainnya.

            Mulai memasuki area persawahan saya melihat di kanan kiri jalan ada aliran sungai yang cukup deras dan beberapa menjadi aliran menuju sawah milik warga. Sistem aliran ini dikenal dengan subak,sistem irigasi ini masih sangat tradisional dan sangat melekat pada masyarakat bali.

            Sampai di Jatiluwih kita harus bayar tiket terlebih dahulu per orang Rp 10.000,00 lalu kita mulai memasuki persawahan yang menjulang dengan design terasering yang membuat kita takjub.Yeayy…akhirnya kita jalan jalan, berfoto di semua spot dan beberapa mengambil foto alam jatiluwih ini.

            Saya mencoba explore jatiluwih ini beberapa sawah yang terbentang luas dan dikelilingi oleh aliran irigasi subak memiliki sebuah pura yang mana pura ini untuk dewi kesuburan atau kemakmuran yaitu Dewi Sri. Subak ini diatur oleh pemangku adat setempat yang juga berprofesi sebagai petani, keunikan subak ini mampu memberikan warna tersendiri  dengan tampilan  bertingkat-tingkat. Subak sudah diakui oleh UNESCO  (United Nation Education Scientific and Cultural Organization) sebagai sebua situs warisan dunia. Ini menumbuhkan value yang luar biasa bagi peningkatan manacanegara, karena beberapa dari mereka tidak hanya ingin liburan tetapi juga ingin mempelajari sistem subak ini.

Tabanan Scenary Rice Terrace
                                                                Jatiluwih  Tabanan

            Beberapa ternak seperti sapi juga sering nampak di kawasan wisata Jatiluwih ini, jadi banyak cara mengambil spot fotografi yang menarik di Jatiluwih ini. Baik dari segi Human Interest maupun Nature bisa buat melengkapi galeri foto social media kamu hehe…

Keterangan

Lokasi Jatiluwih  (Rice Terrace): Tabanan

Jarak dari Denpasar-Jatiluwih    : ± 40km

Waktu tempuh         :± 1 jam 30 menit dengan kecepatan 70km/jam

Sewa Motor                 : 50.000-70.000 rupiah

Sewa Mobil                  : 300.000 (tanpa sopir)

Tiket                           : Rp 10.000,00

(harga sewaktu-waktu mungkin bisa berubah, harga diatas per Mei 2017)

 

 

 

[the_ad id="327"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *