Candi Sambisari, Candi Cantik Yang Tersembunyi di Jogja

Spread the love

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Jogja selalu menempatkan Candi Prambanan dan Candi Borobudur, Candi Ratu Boko sebagai destinasti utama mereka, tak jauh dari Candi Prambanan sebenarnya ada candi cantik dan instgramable untuk dikunjungi, Yups namanya Candi Sambisari.Akses menuju candi Sambisari ini sangat mudah coba klik lokasi peta candi sambisari.

                   Candi Sambisari

Tiket masuk sebesar 3000 rupiah (harga bisa berubah). Selesai membayar tiket dan mencoba berjalan, saya mencoba melihat sekeliling, nampak tertata rapi seperti taman, namun kalau pada umumnya candi kelihatan langsung dari parkiran, ini nampaknya berbeda. Candi ini menurut saya cukup unik dan berbeda dengan candi lainnya, saya harus menuruni anak tangga dan takjub akan pemandangan sekitar saya yaitu candi sambisari yang sangat cantik, menurut saya. Candi ini menuntun saya untuk menuruni anak tangga kira kira 5 meter lebih rendah dari permukaan tanah yang saya pijak ketika membayar loket tadi. Saya juga mendapatkan selebaran mengenai informasi wisata candi sambisari ini, candi sambisari ini awalnya terkena dampak letusan gunung merapi saat itu, abu vulkanik merapi inilah yang menyebabkan candi ini terpendam. Pada tahun 1966 seorang petani setempat sedang mencangkul sawah dan menemukan bongkahan yang diduga sebuah candi, sehingga pada saat itu juga dinas purbakala waktu itu dan  tim lalu melakukan penelitian mengenai candi ini.

          Candi Sambisari ini merupakan karakteristik candi hindu, setelah saya mencoba berjalan dan menyusurinya, kompleks candi ini terdiri dari 1 candi utama dan 3 candi perwara yang berada di depannya.Beberapa arca juga terdapat di candi ini yaitu arca durga di bagian utara, arca ganesha di bagian timur dan arca agyasta di sisi selatan. Candi perwara ini maksudnya adalah sebagai candi pengawal yang ukurannya jauh lebih kecil daripada candi utama.

          Pengunjung biasanya melakukan  foto di sudut sudut candi ini, beberapa calon pengantin juga melakukan foto prewedding di lokasi candi ini, menurut saya candi ini masih sangat sepi pengunjung, ini bisa menjadi alternatif liburan bagi keluarga anda, tidak perlu macet macetan dengan kepadatan jogja , bisa juga dengan membawa bekal makanan  ke candi sambisari ini bisa ngobrol bareng teman atau keluarga, ingat buang sampah pada tempatnya, jangan coba coba mengotori candi sambisari ini. Jadi tunggu apalagi, yuk explore candi yang ada di jogja, selain nambah wawasan kita tentang sejarah kita bisa stock foto kita buat medsos yang kita punya. Terima kasih

Lokasi: dekat dengan candi kalasan,candi prambanan, jogja

Tiket  : 3000 IDR

kata kunci/key: candi sambisari jogja, wisata candi jogja

Follow instagram : earthrossy

[the_ad id="327"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *