5 Spot Wisata Desa Semagar , Girimarto Wonogiri yang Wajib Kamu Kunjungi

Spread the love
[the_ad id="327"]

Lokasi: Desa Semagar, Kecamatan Girimarto

Potensi wisata di Girimarto ini telah diresmikan oleh Bupati Joko Sutopo podo Oktober 2016, dengan bantuan KKN UGM Yogyakarta dan masyarakat setempat potensi wisata ini mampu dikembangkan dengan apik. Sinergi antara pemerintah dan masyarakat sangat terlihat di desa ini, sehingga potensi wisata mampu dikembangkan dan sebagai pendapatan warga desa. Tak jauh dari Girimarto desa ini mempersembahkan objek wisata yang mumpuni dan cenderung murah bagi pengunjung, seblumnya wisata ini belum banyak dikenal oleh masyarakat namun lambat laun dengan informasi kemudian potensi wisata ini tersebar. Berikut objek wisata yang akan kita bahas:

5 objek wisata air terjun talun, watu sumyang, air terjun kali kotak, tunggul asri, hutan pinus asri

 

1.Air Terjun Kali Kothak

Lokasi:  Dusun Ciman, Semagar. Girimarto

Tiket masuk 2000/ orang

Parkir motor 2000 dan  parkir mobil 5000

Pengelola menyadari lokasi air terjun ini sangat berpotensi untuk dijadikan objek wisata,sebisa mungkin pengelola membuat jalan dan membuat objek wisata ini menjadi menarik untuk pengunjung. Menuju lokasi air terjun kali kothak ini kita membutuhkan waktu sekitar 2,5 km dari perkampungan warga sekitar objek wisata ini. Kita harus melewati pepohonan lebat dan di kiri kanan adalah kebun warga setempat, sesampainya di lokasi air terjun ini, saya terpesona dengan pemandangan air terjun alami serasa milik pribadi. Ketinggiannya sekitar 5 meter dan memiliki tingakatan tingakatan, jadi tidak sabar untuk memotret.

Menurut warga setempat air terjun kali kothak ini bersumber dari sungai kali kothak makanya dinamakan kali kothak, dari sisi air terjun tampak bebatuan yang memecah aliran air dari atas bukit. Hawa disini sangat dingin, jadi siap siap laper,jangan lupa bawa bekal ya semua, tapi tetap jaga kebersihan juga.

Akses untuk menuju wisata ini, bisa dilalui mobil jadi gak perlu khawatir, untuk lokasi parkir, kita juga bisa melanjutkan perjalanan dengan trekking yang aman dengan pemandangan desa yang khas, beberapa aliran sungai siap menyuguhkan pemandangan yang hebat.

2.Hutan Pinus Asri

Berada tidak jauh dari lokasi air terjun kali kothak, hutan ini menawarkan pemandangan hijau yang luar biasa, pengunjung harus berjalan sektar 700 meter dengan menaiki bukit, tadinya hutan ini menurut warga  mengalami kerusakan, namun setelah diperbaiki hutan ini kembali asri dan hijau. Kita bisa berfoto ala film twilght disini, tergantung settingan kamera mu disini, hasilnya pasti akan bagus.

3.Tanggul Asri

Lokasinya berada sejalur dengan hutan pinus asri, jika menilik lebih jauh tanggul asri memberikan pesona alam alami ala desa yang siap memberikan energi positif udara yang sejuk tidak banyak polusi dan membuat mata anda dimanjakan hijaunya pepohonan. Jalan untuk melewatinya masih dari tanah jadi ketika hujan harap berhati hati, lokasi ini memberikan warna tersendiri bagi desa setempat, jadi gak perlu jauh jauh ke kota berwisata cukup di desa hati sudah gembira, enaknya kalau kesini bawa ketela lalu dibakar jangan lupa bawa teh dibotol, mantabs guys!

4.Watu Sumyang

Belum banyak yang mengetahui lokasi wisata ini, diresmikan oktober 2016 lalu oleh Bupati Wonogiri, lokasi ini berada di Desa Semagar, kurang lebih sekitar 6 kilometer dari Kecamatan Girimarto. Pemandangan khas bukit lawu selatan menjadi daya tarik tersendiri bagi saya, sawah sawahnya, pepohonan yang masih rindang dan juga pemukiman pedesaan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Menurut sejarah, watu sumyang ini dulunya adalah tempat bertapa Pangeran Sambernyawa, dengan menyusuri jalan setapak dan pesona terasering persawahan milik warga, capeknya jalan menjadi tidak terasa. Kita juga dihadapkan dengan deretan anak tangga hampir 100 anak tangga. Sampai di lokasi batu ini yang menarik adalah batu ini ada suara seperti dengungan, kalau kita dengarkan dengan seksama suara itu muncul dan kemudian hilang lalu muncul lagi.

5. Air Terjun Talun

Sebenarnya air terjun disini debitnya sangat kecil, seperti aliran air dari kedua sisi tebing, namun ketika hujan debit ini akan semakin deras, yang mebuat menarik di air terjun ini adalah alamnya yang masih asri dan belum banyak wisatawan, sehingga air terjun ini masih seperti lokasi private buat menghilangkan stress penat pekerjaan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *